Perbeedaan Marketplace dan E-commerce


PERBEDAAN MARKETPLACE

DAN E-COMMERCE


Market Place :

        Marketplace adalah platform online di mana berbagai penjual dapat menjual produk atau layanan mereka kepada konsumen, platform dimana penjual berkumpul dan menjual barang atau jasa ke pelanggan, serta tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk bertransaksi secara online. Di marketplace pelanggan dapat menemukan berbagai barang dan jasa yang mereka butuhkan, dan harga serta fasilitas yang ditawarkan oleh setiap penjual. Marketplace memungkinkan banyak penjual menjual banyak produk yang sama, sehingga menarik banyak pelanggan dengan kebutuhan yang beragam. Perbedaan anatara marketplace dengan toko online biasanya hanya menjual produknya sendiri, sementara marketplace menyediakan tempat bagi berbagai penjual. Dengan demikian, marketplace memperankan sebagai perantara atau pihak ketiga antara penjual dan pembeli, dalam marketplace bisa dijumpai banyak sekali penjual yang memiliki tujuan yang sama, yaitu ingin menjual kepada produsen.

        Dengan adanya marketplace justru memudahkan kita untuk bertransaksi , marketplace memperluas jangkaun pelanggan serta memberikan wadah pada pelaku bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas, yang sulit dijangkau dengan pasar konvensional.

Contohnya : Shopee, tokopedia, lazada, bukalapak


E-Commerce :

       E-commerce adalah secara umum dapat diartikan sebagai transaksi jual beli secara elektronik melalui media internet. E-commerce juga dapat diartikan sebagai suatu proses berbisnis dengan memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran atau penjualan barang, servis, dan informasi secara elektronik. E-commmerce juga menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjualan (retailer). Dalam pengertian ini, penjual dalam e-commerce hanya berfokus pada satu pihak. 

Contohnya : tiket.com dan JD.ID


Perbedaaan Marketplace dan E-commerce :

Marketpalace :

  • Platform di mana penjual dan pembeli dapat melakukan transaksi 
  • Cocok untuk bisnis yang ingin membangun hubungan kosumen jangka panjang
  • Penjual memasasrkan produknya kepada calon pembeli, sementara pembeli mencari produk dari berbagai penjual

E-commerce :
  • Merupakan platform dari sebuah bisnis yang menjual produk atau layanan mereka sendiri kepada konsumen 
  • Ideal untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang dan peningkatan loyalitas pelanggan 
  • lebih banyak melibatkaan banyak kontrol atas merek, pemasaran , dan pengalaman pelanggan.

Intinya adalah marketplace adalah pilihan terbaik untuk memulai bisnis, menguji produk, dan salah satu wadah transaksi yang berdokus pada banyak pihak. Sedangkan e-commerce sendiri ideal untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang dan hanya fokus pada satu pihak.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam-macam dompet digital

Deskripsi Tentang Forres Li